Selasa, 30 Juni 2015

MARI BERTEORI

Singkat saja saya akan menyampaikan metode penyampaian pendapat yang saya gunakan.
saya pribadi mempunyai 3 tahap dalam memberikan contoh dari tahap yang terhalus sampai yang kasar, dalam arti menunjuk..
antara lain;
1. cara mudah (easy way)
2. cara tengah (medium way)
3. cara keras (hard way)

Pertama, cara mudah
yang saya lakukan ialah memberikan analogi contoh menggunakan "Saya (me)" sendiri sebagai medianya.
contoh;
Saya tida suka .... (bisa diisi kata kerja apa saja)

harapannya adalah orang yang diajak bicara paham dan mengaplikasikan hal yang "saya" sampaikan untuk tidak diterapkan pada lain kesempatan

Kedua, Cara tengah
Untuk contoh cara yang ini saya akan menyebutkan "mereka (they)" atau "Nama Orang Lain (3rd person)"  sebagai contoh analogi berpikir kepada orang yang saya ajak bicara

Contoh;
Mereka itu caranya kurang bagus, ...
Si X itu kalo begitu kurang baik...

Cara ini mengharapkan orang yang Saya ajak bicara paham tanpa perlu menyebutkan bahwa orang yang diajak bicaralah objek yang disinggung disini.. disebut medium karena sudah mencontohkan dengan perumpamaan orang lain sebagai objek.

Ketiga, Hard way
Cara yang menurut saya paling keras dan kurang sopan sebenarnya
Yaitu menunjuk langsung orang yang dijadikan lawan bicara dengan "Kamu/Kau (You)"

Contoh;
Kamu ini kalo kerja tidak bagus
Kamu ini kalo kerja lamban
Kamu ini kalo ditugasin, tidak pernah becus...

Disini ga ada pengharapan digunakan, hanya saja lebih mirip Boss yang memerintah kacungnya, dan menurut saya paling tidak patut..

Saya juga menemukan kutipan yang menarik di instagram Hrithik Roshan
-No better way to teach than by example- 

Kesimpulan saya, alangkah baiknya cukup selagi masih di tahap 1 dan 2 saja..
Dunia lebih indah kalau pengertian lebih mudah terjadi diantara setiap orang.
Bukankah Anda termasuk pendengar yang baik?
Bukan begitu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar